SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PERENCANAAN

KABUPATEN KEBUMEN

BADAN PERENCANAAN DAN PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN DAERAH

Jl. Veteran 2 Kebumen ∥ No. Telp. (0278) 381570

Tema dan Prioritas Pembangunan Tahun 2018

Penyusunan Rancangan Awal RKPD Kabupaten Kebumen Tahun 2018 telah memasuki tahapan pelaksanaan Forum Perangkat Daerah yang diselenggarakan pada tanggal 1-14 Februari 2017. Selanjutnya, pada bulan Maret (tentatif tanggal 1-9 Maret 2017) akan diselenggarakan Musrenbang RK...

Online Polling

Selamat Datang

Selamat Datang

Selamat Datang di Laman Website Sistem Informasi Manajemen Perencanaan Kabupaten Kebumen. Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2003 tentang Keuangan Negara,  Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional, dan Undang-Undang Nomor 23 Tahu...

Selengkapnya →

Struktur Organisasi

Struktur Organisasi

Struktur organisasi Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Kebumen sebagaimana diatur dalam Peraturan Daerah Kabupaten Kebumen Nomor 21 Tahun 2011 tentang Perubahan Ketiga atas Peraturan Daerah Nomor 14 Tahun 2008 tentang Organisasi dan Tata Kerja Lembaga Teknis...

Selengkapnya →

Selamat Datang

Selamat Datang di Laman Website Sistem Informasi Manajemen Perencanaan Kabupaten Kebumen.

Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2003 tentang Keuangan Negara,  Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional, dan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah mengamanatkan Pemerintah Daerah diwajibkan menyusun Rencana Pembangunan Jangka Panjang Derah (RPJPD) untuk kurun waktu 20 tahun, Rencana Pembangunan Daerah Jangka Menengah Daerah (RPJMD) dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) sebagai rencana tahunan.

Sebagai suatu dokumen resmi rencana daerah, RKPD mempunyai kedudukan yang strategis, yaitu menjembatani antara perencanaan strategis jangka menengah dengan perencanaan dan penganggaran tahunan. RKPD merupakan acuan  bagi penyusunan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) Kabupaten Kebumen. Dari segi kerangka waktu, penyusunan dokumen RKPD sedemikian menyita waktu yang memungkinkan adanya kesalahan-kesalahan selama proses penyusunan sehingga perlu adanya solusi untuk meminimalisasi kesalahan tersebut. Sementara itu, dalam rangka menghadapi era teknologi informasi yang sedemikian pesat, maka perlu bagi instansi intansi pemerintahan untuk ikut mengaplikasikan teknologi informasi (IT-INFORMASTION TECHNOGY) ke dalam sistem pengelolaan data yang dilakukan sehari hari, disesuaikan dengan tupoksi dari instansi pemerintahan yang bersangkutan.

Salah satu penerapan Teknologi Informasi, adalah penyusunan sebuah Sistem Informasi. Definisi sistem informasi adalah kumpulan informasi didalam sebuah basis data menggunakan model dan media teknologi informasi digunakan di dalam pengambilan keputusan bisnis sebuah organisasi. Di dalam suatu organisasi, informasi merupakan sesuatu yang penting didalam mendukung proses pengambilan keputusan oleh pihak manajemen.

Dengan menggunakan sebuah sistem informasi, maka diharapkan perencanaan pembangunan daerah dapat lebih cepat dan optimal, sehingga memudahkan Bappeda untuk melakukan perencanaan secara menyeluruh.  Sistem Informasi tersebut direalisasikan melalui kegiatan Penyusunan SIM Perencanaan Pembangunan Daerah.

 

Sistem Informasi ini mendukung pengelompokan kegiatan pembangunan berdasarkan urusan kegiatan, bidang kegiatan, program kegiatan sumber dana, lokasi kegiatan, maupun parameter parameter pengelompokan lainnya, yang bisa dicustomize sesuai dengan kebutuhan dan disesuaikan dengan aturan-aturan yang berlaku sesuai Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 13 Tahun 2006 tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan Daerah sebagaimana yang telah dirubah dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 59 Tahun 2007 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 13 Tahun 2006 tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan. Sistem informasi Perencaan ini juga dapat digunakan untuk melakukan validasi input data, sehingga informasi yang dikeluarkan sebagai ouput oleh sistem diharapkan bisa lebih akurat, efektif dan efisien.

Statistik Pengunjung